Rabu, 12 Mei 2010

Apa itu Modding?

0 komentar
Latar Belakang
Perkembangan dunia ponsel saat ini memang begitu cepat  seiring berjalannya waktu, ponsel-ponsel baru yang fiturnya menjanjikan pun terus berdatangan kepasar dunia ponsel. Apalagi produk-produk baru ini menawarkan fitur-fitur yang terasa menunjang untuk kehidupannya. Contoh saja ponsel jaman sekarang yang sudah support 3G, video call, Menu 3D, Camera dengan resolusi tinggi, Musik yang kenceng, Document viewer dll. Ini yang membuat manusia seakan tidak akan pernah puas dengan apa yang dia miliki. Tapi kebanyakan ponsel yang lengkap dengan fitur yang menjanjikan ini dijual dengan harga yang relative tinggi juga, dan disinah letak permasalahannya dimana banyak orang yang menginginkan ponsel dengan fitur yang mantep tapi dengan harga yang bisa dijangkau. Bagaimana caranya? Hukum Moddinglah yang harus bertindak..


Modding sendiri berarti “mengoprek-oprek” atau bahasa lazimnya “Modifikasi”. Maksudnya adalah modifikasi ponsel secara software yang biasa disebut firmware yang biasa disebut hardware yaitu fisik ponsel itu sendiri.

Apakah  Modding aman?



Modding pada level software relatif lebih aman dibandingkan dengan modding pada level hardware. Sebab jika terjadi masalah / kesalahan pada proses modding, kita bisa dengan mudah mengembalikan kondisi firmware seperti semula (dengan catatan kita sudah melakukan proses backup data), kecuali untuk kasus2 tertentu. Sedangkan untuk modding pada level hardware, jika terjadi kesalahan pada prosesnya, resiko kerusakan ponsel akan lebih besar dan lebih sulit diperbaiki. Jika Anda menggunakan tutorial / panduan dalam melakukan modding, sangat disarankan untuk membaca dengan teliti dan mengikuti instruksi2 dalam tutorial tersebut. Karena satu hal kecil saja yang terlewatkan bisa menentukan berhasil atau tidaknya proses modding.

Apa saja yang dibutuhkan agar bisa me modding ponsel?

1.      Kesadaran penuh bahwa dengan memodifikasi ponsel, Anda  sebagai orang yg melakukan modifikasi yang bertanggung jawab penuh atas segala macam resiko yang terjadi bila ada kesalahan dalam prosesnya. Yang antara lain : garansi ponsel menjadi hangus / tidak berlaku lagi, kehilangan data, sebagian fungsi / fitur ponsel mengalami gangguan, bahkan sampai yang paling parah yaitu kerusakan total pada ponsel yang dimodifikasi. Sehingga kesalahan tidak dapat dilimpahkan ke pihak vendor / pembuat ponsel, atau ke pihak pembuat tutorial / panduan modding, terutama saya. :mrgreen: Semua resiko adalah tanggung jawab Anda sendiri .

2.      Pengetahuan yang cukup tentang modding / panduan modding yang benar yang dibuat oleh orang2 yang sudah berhasil memodifikasi ponselnya, yang hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, serta jargon2 / istilah2 yang umum digunakan oleh modder ponsel (orang yang melakukan modifikasi), sehingga lebih mudah mengikuti tutorial dan paham proses apa yang sedang dilakukan.

3.      Bahan2 dan alat2 (baik software maupun hardware) untuk praktek modifikasi sesuai dengan jenis modifikasi yang diinginkan. Masing2 software yang digunakan untuk memodifikasi ponsel memiliki fungsi yang berbeda2. Beberapa software bisa digunakan untuk lebih dari 1 jenis modifikasi, lainnya hanya untuk 1 jenis modifikasi saja. Jadi sebaiknya sebelum memulai proses modifikasi, Anda banyak membaca / mencari informasi tentang kegunaan, kelebihan, serta kekurangan masing2 software untuk modding tersebut.

4.      Keberanian, konsentrasi dan kesabaran tinggi. Keberanian diperlukan untuk melakukan modding, karena untuk Anda yang awam tentang dunia IT, Anda akan berhadapan dengan serangkaian prosedur yang terlihat sangat rumit, dimana Anda akan berhadapan dengan system ponsel yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Keberanian juga diperlukan untuk menerima resiko jika terjadi kesalahan dalam proses modding (lihat point 1 di atas).Konsentrasi dibutuhkan untuk meminimalisir resiko gagal, dan kesabaran tinggi untuk membaca, mencari tahu, segala macam informasi yang mendukung kesuksesan proses modding yang akan dilakukan. Semakin banyak membaca, akan semakin mudah mempraktekkannya. Jika sudah melakukan semua yang disebutkan di atas tetapi tetap menghadapi kendala / masalah, jangan ragu2 untuk bertanya kepada yang sudah berhasil melakukan modifikasi yang sama seperti yang Anda lakukan pada ponsel Anda.

5.      Hindari rasa panik / takut jika terjadi kesalahan dalam proses modding atau jika hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diinginkan. Periksa dengan teliti semua proses dari awal. Cocokkan dengan tutorial / panduan yang Anda gunakan. Untuk modding software, umumnya Anda tinggal mengulang proses modding dari awal saja. Pastikan jangan sampai terjadi kesalahan lagi. INGAT… JANGAN PANIK..!!      



Tipe Ponsel yang bisa dimodding.



Tipe2 yang banyak dijumpai di pasaran umumnya bisa di-modding. Yang pasti, perhatikan tutorial / panduan yang Anda gunakan dalam memandu proses modding. Jika tidak tercantum tipe ponsel Anda, sebaiknya jangan digunakan. Setiap tutorial pasti akan menyebutkan ponsel tipe apa yang bisa digunakan untuk mengikuti tutorial modding tersebut. Untuk saat ini, untuk ponsel2 Sony Ericsson dengan platform Symbian UIQ (misal: P9xx, M600i, W950i), modding yang bisa dilakukan baru sebatas merubah icon pada desktop dan main menu.

Sumber terkait: blog.se-ven.net

0 komentar:

Posting Komentar