Selasa, 16 November 2010

Tutorial Maps Offline pada Ponsel Symbian

0 komentar
Dulu saya dan teman saya pernah tersesat dan tidak tau jalan pulang. Maklum, saya baru saja datang ke jogja untuk menuntut ilmu. Waktu itu saya dan teman saya tersesat untuk mencari jalan pulang ke kos. Tapi kemudian saya berfikir, Oh iya kan ada Nokia maps di Nokia E63 saya. Lalu saya berfikir lagi. hehe! terlalu banyak berfikir yah.. Saya berfikir kalau saya melihat Peta di hape saya , pasti pulsa saya akan banyak terkuras. Tapi daripada tersesat yah saya relakan saja itu pulsa melayang demi mengetahui jalan pulang. Tapi sekarang tidak lagi karena saya bisa melihat Nokia Maps di Ponsel Nokia E63 saya dengan cara Offline! Jadi, ketika tersesat tidak perlu bingung lagi deh mau pakai Maps. Ternyata caranya sangat mudah loh membuat Nokia Maps di ponsel Symbian kita ke modus Offline. Mau tau caranya.. Yuk kita lihat tutorialnya!



  1. Buka Nokia Maps di Ponsel anda dan pilih Option--> about. Cek Versi Maps. Apakah Ovi maps 3.x atau Nokia Maps 2.0
  2. Masuk ke link ini http://symbian.clanteam.com/indexmaps.htm dan pilih link maps sesuai versi maps Ponsel Anda.
  3. Gulir cursor ke halaman bawah disitu terdapat berbagai pilihan maps dari beberapa negara. Contoh saja anda ingin mengambil peta Indonesia. klik indonesia dan file download berupa file ZIP.
  4. Jika selesai mendownload filenya, ekstrak file yang sudah anda download tadi.ke komputer anda.
  5. Sambungkan Ponsel anda ke komputer dengan kabel USB.
  6. Browse memory card Ponsel anda dan cari folder cities / diskcache
  7. Copy semua file hasil ekstrakan yang sudah anda download tadi ke folder diskcache tadi. Selesai!
  8. Cabut Kabel USB anda dan buka Nokia Maps di ponsel anda. Bagaimana? sudah bisa menikmati peta secara offline bukan?? ^^



Credit by mastah bloodvyne kaskus

0 komentar:

Posting Komentar